Selasa, 20 Desember 2011

Semut_Semut Kecil ^^


hari ini tiba2 ingin posting tentang semut, terinspirasi oleh semut yang tiba-tiba muncul di kamar. Hmmmm,,mungkin semutnya tau kali ya kalau orangnya manis, makanya pada datang (narsis.com) dari situ aku suka ngamatin kebiasaan2 yang dilakukan semut. Ternyata banyak banget hal-hal yang bisa kita ambil pelajaran dari makhluk kecil itu. Coba deh kita amati kebiasaan-kebiasaan semut dan kita analisa, dan lebih bagus lagi kalau kita bisa melakukannya.


1. ketika berpapasan atau ketemu dengan semut yang lain, mereka pasti berhenti sejenak dan saling mendekatkan kepalanya.

hal itu memberikan pelajaran kepada kita bahwa bertegur sapa adalah hal yang mulia. kita dianjurkan untuk melakukan 3S ketika bertemu dengan siapapun yang berpapasan dengan kita. apa itu 3S?? yaitu Salam, senyum, sapa. Coba deh rasakan, ketika di tengah jalan kita disapa dan kemudian orang itu memberikan senyuman kepada kita. Hmmmm pastinya seneng banget kan. So ga ada salahnya kita memulai duluan untuk menyapa dan memberi salam kepada orang lain, dijamin deh tuch orang pasti seneng banget.

Dulu aku emank cuek banget. kalau ga disapa duluan, aku ga bakal nyapa tuh orang. keliatan banget kan egoisnya. tapi waktu orang lain nyapa aku, hmmm senengnya bukan main. dari situ aku belajar buat merubah sikapku, yang awalnya cuek banget berubah jadi power ranger pink (halaaaaahh) maksudku berubah jadi ramah, yang selalu menebar senyum :)(preetttt). pernah nie, mulai berangkat dari kostan sampe ke kampus, ga berhenti2nya sapa orang. sampe temenku pernah menyindir " tuuuh..orang disana ga sekalian kamu sapa" aku cuma ketawa ajah denger temenku. terserah deh apa kata orang, yang terpenting hatiku lebih damai setelah melakukan 3S itu...beneran deh, coba ajja :)

2. Semut tidak kenal putus asa, ketika ada yang mencoba menghalangi jalannya, dia akan berusaha untuk mencari jalan lain

pelajaran yang dapat kita ambil adalah janganlah kita mudah untuk putus asa dalam mencapai tujuan kita. ketika kita mengalami kegagalan, jadikanlah kegagalan itu sebagai motivasi dalam mencapai tujuan tersebut karena dengan kegagalan itu kita tahu apa yang harus kita lakukan dan mana yang ga seharusnya kita lakukan. jangan mudah menyerah ketika menghadapi sebuah masalah atau cobaan, karena sesungguhnya Allah tidak memberikan cobaan di luar kemampuan hambanya. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (QS. 2 : 286).

3. ketika salah satu semut menemukan makanan, pada saat itu juga teman2nya pada datang.

aku juga penasaran, koq bisa secepat itu ya, gimana caranya? apa dengan meneriaki semut lain atau mendatangi semut lain dan memberitahu kalau ada makanan?ada yang tahu?

hmmmm..entahlah, bagaimanapun caranya, yang penting ada hal yang bisa kita tiru yaitu saling berbagi dan saling memberi kepada yang lain. di saat kita punya kelebihan, hendaknya kita memeberi kepada yang kekurangan. janganlah kita menjadi orang yang kikir karena selain akan merugikan orang lain, juga akan membawa kita dalam kehinaan. sesungguhnya sifat kikirpun tak disenangi oleh Allah SWT. “Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup serta mendustakan pahala terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa” [Al Lail 8-11].

4. membawa makanan yang besar dengan bergotong royong sampai sarangnya

ada beberapa pelajaran yang bisa kita tiru

yang pertama, sifat kegotongroyongan dan kekompakan yang tinggi. ketika ada pekerjaan besar dan merupakan kepentingan bersama, mereka akan saling membantu untuk mencapai tujuan bersama tersebut.

yang kedua, rasa kesetiakawanan terhadap sesama. ketika ada salah satu dari mereka yang menanggung beban berat, dengan tanggapnya yang lain akan membantu dan tidak hanya melihat saja. begitu juga dengan kita, hendaknya kita lebih peka terhadap sekitar kita. ketika ada teman kita kesusahan dan membutuhkan bantuan, jangan ragu2 untuk memberi bantuan. dalam berteman pun kita juga harus take n give, jangan hanya berteman di saat teman kita senang, ketika teman dalam kesusahan pun kita jangan meninggalkannya.

5. "ada gula ada semut", yah begitulah istilahnya. mereka tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang datang.
dari situ kita bisa belajar, bahwa kesempatan itu akan membawa kita pada kesuksesan. kesempatan itu adalah pilihan karena kamu bisa mengambil atau mengabaikannya. jadi jangan pernah menyia-nyiakan ketika ada kesempatan atau peluang yang datang.

1 komentar:

adaibrahim mengatakan...

semut datang ke blog ini kerana pemiliknya manis sekali...(",)nice entry say

Posting Komentar