Senin, 02 Januari 2012

Sedekah Super



Salman, Hari kedua tahun 2012, Jelang Magrib

Sore ini rencananya kontrol ke dokter gigi di daerah sukasenang, tapi karena salah baca sms. Yang dipikir janjian sore jam 5 ternyata tertulis jelas jam 7 dong dong dong dong,,-_-" Bingung mesti nemplok dimana, yang kepikiran cuman tempat ini,sekalian biar bisa sholat magrib,,

Sekilas cerita, jadi begini, beberapa waktu yang lalu saya mencoba menamatkan membaca buku Notes From Qatar, yang sudah tertunda berbulan-bulan. Ada salah satu bagian yang menarik disini..Dibuku ini bilang..saya lupa tepatnya narasinya bagaimana..tapi intinya kalau sedekah jangan tanggung-tanggung..misal kita punya uang 500 ribu, nah 400 ribunya kita sedekahin..Nantipun Allah YAng Maha Kaya bakal ngasih rezeki yang gak keduga,,ibaratnya kita ngasih sedekah ke fakir miskin 50 ribu,pastikan si ibu/bapaknya bakal terkaget-kaget nerima rezeki yang gak disangka-sangka,,,sama begitu juga prinsipnya sama sedekah ini,,Allah juga bakal membalasnya dengan rezeki yang bisa buat kita terkaget-kaget,,


Terus karena saya yakin,akhirnya saya terapkan "iseng-iseng",,Tidak langsung jebret saya berikan pada satu orang, tapi nilai kuantitatifnya cukup lumayan dibandingkan biasa,Waktu itu uang bulanan saya sudah hampir habis,karena buat fotokopi berbagai bahan buat ujian di bagian Ilmu Kesehatan Anak beberapa waktu lalu.
Ceritanya waktu itu saya mengajak salah seorang sahabat saya syukuran kecil-kecilan karena lulus bagian Ilmu kesehatan Anak . Karena saking asyiknya mengobrol tentang gimana pengalaman di bagian anak, bercerita tentang pasien-pasien di bagian anak, dan mimpi-mimpi saya untuk mengambil pendidikan spesialis di bagian ini, saya jadi gak konsen pas bayar. Ternyata benar saja,pas sudah dalam perjalanan pulang, manager restoran nya nelpon,kalau ternyata saya membayar tagihan yang salah dan ada uang kembalian sebesar 50 ribuan. Nah pasti bingung kan kenapa managernya tau darimana No HP saya.Hehehe jadi waktu itu sebelum pulang , saya diminta ngisi kuosioner dulu mengenai makanan di tempat ini. Waktu sudah larut dan saya juga sudah cukup jauh untuk kembali ke restoran itu, jadi saya bilang kalau tidak merepotkan uangnya tolong diberikan/dimasukan saja ke kotak amal atau kalau repot , buat mas nya saja. Dan si managerpun mengiyakan dan mentutup percakapan dengan permohonan maafnya.


Dalam perjalanan pulang ke kostan , saya harus mutar balik ke depan BTC Mall. Malam sudah larut ,dingin dan gerimis. Seperti biasa diputaran adak bapak-bapak yang suka membantu putar arah.Entah kenapa tangan ini tergerak untuk memberi. Begitu pula seterusnya, ada keringanan hati untuk berbagi.

Tidak ada doa dan keinginan khusus yang saya panjatkan. Hanya yakin Allah pasti akan membalasnya dengan lebih baik.Entah itu dalam bentuk materi yang nyata atau dalam bentuk kemudahan-kemudahan untuk menjalani dunia perkoasan ini.Ataupun kemudahan-kemudahan yang Allah berikan kepada keluarga saya.

Dan MashaAllah ternyata bener,,dalam hitungan kurang dari seminggu saya dapat rezeki laptop vaio,yang menurut saya harganya lumayan, terus laptop saya yang lama, ada yang langsung menawar membeli, Alhamdulillah,,

Dulu, saya lupa tepatnya kapan. Saya pernah berjalan-jalan disalah satu mall tempat penjualan elektronik terbesar di kota Bandung. Waktu itu sempat melirik ke salah satu toko yang memajang laptop vaio ini. Saya membatin dalam hati. Ya Allah laptop vaio pink ini bagus ya, tapi pasti mahal. Lagipula saya sudah punya laptop.Jadi sayang kalau beli yang baru. Lagipula susah ngejual laptop bekas.
Dan waktupun berlalu. Saya sudah lupa dengan laptop vaio itu.Tapi tenyata Allah memberikan dengan cara yang lebih indah.

Seneng.Gembira. Dan Tambah yakin..kalau Janji-Janji Allah itu bener,,hihihi,aeperti tersurat didalam salah satu surat cintaNya,,,

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (Al-Baqarah:261)

Jadi bener apa kata ust Yusuf Mansyur,,"BERSEDEKAHLAH MAKA KAMU AKAN KAYA",,Jadi jangan ragu dan jangan lagi bimbang,,apalagi galau,,memberi dalam kelapangan mungkin biasa,namun memberi dalam keterbatasan ada yang luar biasa disana,,Sedekah bukan cuman milik yang berkantong tebal (sama uang receh),,tapi juga milik yang berkantong tipis (uangnya seratus ribuan semua),,hehe just kidding,,

"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya." (Al Imran:92)




Yuk mari kaka,mulai sekarang kita biasakan diri SEDEKAH SUPER,,,NIATKAN DENGAN SUPER,,biar YANG SUPER KAYA,,yang membalas,,^^



2 komentar:

dhana bhebeg mengatakan...

subhanallah :)
luar biasa mba :D

dikirim aja ke cerita #SSS (sedekah super story) nya bang assad..
siapa tau bisa muncul di buku NFQ2 nya :)

salam kenal yaa..

bayuchandra mengatakan...

nice

Posting Komentar